Kamis, 17 November 2016

NASI PUYUNG, UHAM LEVEL DEWA


kalo jalan-jalan ke lombok, jangan lupa icip-icip nasi puyungnya. nah lho..... pernyataan sering dilontarkan temen-temen luar pulau. entah kenapa, namun yang jelas, karna ENAK ..... itu kemungkinan terbesarnya. dan satu lagi, dibugkus dengan daun. oke prolognya tidak perlu sampai beberapa paragraf, langsung joss gandoss aja.



saya mulai dari bungkus nasi balap puyung ini dulu deh.... kenapa, karna di saat sebagian besar pedagang nasi di warung-warung sudah menggunakan bungkus nasi plastik atau dari kertas yang coklat itu, namun untuk nasi puyung, kayaknya nggak mau ambil resiko dengan menurunkan kapasitas penggemarnya, yang doyan akan aroma khas daun pisangnya. ya memang, dibungkus dengan daun pisang, apapun itu, baik nasi bungkus atau kue, aromanya lebih gimannaaaa gitu..... ciamik dah pokoknya.



untuk lauk, kriuk-kriuknya berasal dari potongan kentang yang digoreng kering dan garing. tentunya saat digoreng diberi bumbu penyedap, biar ajiiiib....



adapula kedelai goreng, yang juga menjadi ciri khas nasi balap puyung. kedelai ini juga diberi bumbu penyedap, biar sedapnya dapet...




nah yang ini adalah ayam suwir, dimana bumbunya super duper pedes namun bikin ketagihan.




adalagi telur pindang ato yang juga disebut telur bacem, karna bumbunya meresap sampai ke dalam telur. gimana tidak, telurnya dimasak dengan bumbu sampai beberapa jam.









beberapa waktu lalu saya beli nasi balap puyung di belakang masjid raya selong, namun setelah itu saya berniat untuk langsung sudahi beli disitu, karna rasanya yang kurang nendang dan yahuuud, plus harganya lumayan nguras kocek... kalo temen-temen mau beli nasi puyung di sekitar selong dan pancor, lebih baik di warung puyung INAK ESUN  yang ada di sekitar jalan pejanggik. disitu harganya lebih murah dan rasanya lezaat.







di warung nasi puyung, biasany ada beberapa menu, ada yang lauknya bebek, ayam, dan telur. nah ketiganya sama enaknya tuh.... untuk yang baru pertama kali nyoba, kayaknya pesen ketiga lauk itu nggak bakalan bikin nyesel.







nasi puyung memang identik dengan bumbunya yang super puedessss, kalau saya sih mengistilahkan dengan UHAM LEVEL DEWA,,,,,, air minum tak sanggup meredakan pedesnya,,,,, tapi bikin teruuuuuus pengen nyoba lagi, pengen kepedesan lagi, dan lagi...dan lagiiiii.......

bagi semeton-semeton yang berkunjung ke lombok, coba kulinernya juga dong ya, karna lombok nggak hanya kaya di wisatanya aja, namun kulinernya juga nggak kalah sedap dan bervariasi.

sekian dulu ya,,,,,,,,,,,

jangan lupa nantikan terus sepenggal cerita yang lainnya dengan cara kunjungi blog @lampaklampak.blogspot.com


1 komentar: