Senin, 31 Oktober 2016

SENSASI JAJE ORE/URE DARI JEROWARU


kembali sobat blogger, saya akan bagi-bagi info tentang salah satu kuliner dari LOMBOK TIMUR, yang sudah jarang kita jumpai. karna biasanya jajanan ini dihidangkan pada saat BEGAWE (pesta/ resepsi di acara nikahan, sunatan dan acara besar lainya). 

nama jajanan ini adalah ORE bisa disebut URE juga, dan adapula yang bilang JAJE MAKO (JAJAN TEMBAKAU *karna serat-seratnya mirip tembakau rajang sih kata sebagian orang). kali ini saya akan mengulik tentang jaje ORE yang ada di kecamatan JEROWARU, teparnya di desa SERIWE. kenapa saya memilih pembuatan jajan ORE dari SERIWE, karna bahan utama yang digunakan selain tepung juga menggunakan rumput laut.

desa yang ada di pinggiran teluk pantai selatan lombok timur ini, memang terkenal akan budidaya rumput lautnya. rumput laut jenis euthema cottoni banyak dibudidayakan. melimpahnya sumber daya rumput laut, masyarakat setempat mencoba ber-inovasi dengan mengolahnya menjadi begerapa bagian penganan. seperti dodol rumput laut, dan jajan ORE ini. 




sebelum dicampur dengan bahan lainnya seperti tepung beras, tepung tapioka dan air gula aren, rumput laut terlebih dulu dikeringkan dan dibersihkan sampai tidak ada pasir yang melekat. setelah semua tepung dicampur, barulah di siram perlahan dengan air rebusan gula merah. biasanya ibu-ibu yang mengerjakan tugas seperti ini, sembari bersenda gurau bertukar cerita.








setelah adonan siap, di coba dulu dengan alat pembuat jajan ini, untuk mengetahui kekentalannya yang pas, agar tidak terlalu encer dan tidak terlalu padat. 
yang unik,adalah alat pembuatannya, yang berasal dari tempurung kelapa yang sudah diberishkan sedemikian rupa sehingga menjadi mengkilap dan berwarna hitam. dan dibawahnya diberi lubang-lubang kecil, sebagai tempat keluarnya adonan agar mudah dicetak.








setalah adonan ready, barulah dicetak, tapi langsung di atas wajan yang berisi minyak panas. besar kecilnya ukuran jajan ini, tergantung dari banyak dan sedikitnya minyak goreng di dalam wajan. 














setelah itu dibentuk sesuai selera, ada yang berbentuk segitiga adapula yang digulung dan bermacam-macam kreasi lainnya. alat untuk membentuk hanya menggunakan kayu.






setelah kematangannua dirasa pas, langsung tiriskan. 




dan jajan ORE inipun siap dinikmati. rasanya yang manis, dan renyah, membuat kita tak akan bosan untuk mencomotnya.


yaaaa.... gitu deeeeh sekilas tentang jajanan khas dari LOMBOK TIMUR ini. tapi mungkin juga ada di daerah kamu dan memiliki nama yang berbeda. yang jelas kita harus lestarikan kekayanan kuliner dan kekayaan alam kita yang lainnya.

jangan lupa sobat blogger, nantikan cerita menarik lainnya.and visit my blog. @jejakku83


Tidak ada komentar:

Posting Komentar